Home / NASIONAL / Melawi / Bawaslu Larang Libatkan lansia, Ibu Hamil dan Anak-anak

Bawaslu Larang Libatkan lansia, Ibu Hamil dan Anak-anak

KALBAR-MELAWI (HSPTV) – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Melawi, Johani,  meminta kepada Peserta Pilkada 2020 di Melawi, agar selalu mematuhi aturan saat berkampanye. Mengingat masa pandemi covid-19 belum diketahui kapan berakhir. Senin (12/10/2020)

Dikatakan Johani, hal yang dilarang saat kampanye adalah melibatkan anak-anak dibawah umur, lansia dan ibu hamil. Saat melakukan kampanye Paslon diminta agar tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 dengan menyediakan tempat untuk mencuci tangan dan membagikan masker kepada masyarakat serta menjaga jarak.

“Dalam melakukan kampanye di masa pandemi covid-19, Paslon diharapkan mentaati aturan yang telah ditetapkan penyelenggara pemilu. Selain itu, kami minta untuk bersama paslon juga wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di kabupaten Melawi”. Ucapnya.

Lebih lanjut Johani mengatakan, Bawaslu RI telah menerbitkan Surat Edaran nomor 0577 tahun 2020 tentang petunjuk pelaksanaan penanganan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Secara teknis Bawaslu akan memberikan peringatan tertulis kepada Paslon jika ada pelanggaran selama masa kampanye tidak mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 seperti yang diatur dalam Surat edaran Bawaslu RI.

“Terkait kewenangan Bawaslu sesuai surat edaran tersebut bukan bermaksud untuk mempersulit proses kampanye Paslon dilapangan. Mengingat pendemi Covid-19 belum tahu kapan berakhirnya. Maka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 harus ada sinergitas semua Paslon dan masyarakat dalam hal Pencegahan penyebaran Covid-19”. Jelasnya.

Terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK), Johani meminta agar tetap mengacu pada kesepakatan yang telah disepakati antara penyelenggara dan peserta sesuai peraturan KPU baik dari segi ukuran dan jenisnya serta titik tumpu pemasangan APK tersebut dari kabupaten sampai ke desa.

“Untuk melaksanakan kampanye, 2 hari sebelumnya Paslon agar menyampaikan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari kepolisian kepada bawaslu, agar bisa kami informasikan kepada jajaran Bawaslu sesuai jenjangnya”. Tutup Johani

(Ade)

Check Also

Targetkan Menang, DPC PDI-P Melawi Gelar Rapat Kerja Cabang Khusus Jelang Pilkada 2020

KALBAR-MELAWI ( hspmedia.tv ) – Dewan Pengurus Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Melawi. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *