Home / HSP TV / Ciptakan Petani Cerdas dan Sejahtera, ICD Provinsi Lampung Laksanakan Sosialisasikan Komoditi Sorgum

Ciptakan Petani Cerdas dan Sejahtera, ICD Provinsi Lampung Laksanakan Sosialisasikan Komoditi Sorgum

LAMPUNG UTARA (hspmedia.tv) –  Indonesia Cerdas Desa (ICD) Provinsi Lampung melaksanakan kegiatan sosialisasi tanaman jenis sorgum Manis VUB yang bersertifikasi Nasional meelalui kerjasama BB Biogen Kementrian RI dalam membangun semangat berinovasi menuju ketahanan pangan pakan dan energi nasional.

Kegiatan sosialisasi dan penangkaran benih sorgum berlangsung di lahan pertanian masyarakat Desa Sukamaju Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara (Lampura). Rabu (3/5/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas penyuluhan ketahanan pangan Provinsi Lampung diwakili Kabid penyuluhan ketahanan pangan ibu Yesi Nur Sukmawati. Kepala Dinas Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSP) Provinsi Lampung bapak Akbar. Sekertaris indonesia Cerdas Desa Provinsi Lampung Adi Candra. Bupati Kabupaten Lampung Utara diwakili Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Maria Juwita, SP. Ketua DPRD lampura Romli, A. Md. Kades Desa Suka Maju, Ai ike Sari Banon, SE. Camat Bunga Mayang, diwakili Sekcam, Hipni SE. MM. Ketua Kelompok Tani Maju Jaya Tani SORGUM Desa Suka Maju Surono.

Pada kesempatan itu, Surono selaku Ketua Kelompok Tani Maju Jaya Tani Desa Sukamaju mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang sudah hadir.

“Kami sangat antusias menanam sorgum, karena sorgum ini salah satu komoditi memiliki prospek yang luar biasa, bukan hanya buahnya saja. Batang nya juga menghasilkan finansial buat kami. Kami juga akan menciptakan agrobisnis untuk itu kami memohon dukungan kepada pihak-pihak terkait, kami juga mengharapkan apa yang kami lakukan dapat menjadi inspirasi bagi petani di Lampung Utara,” kata Surono.

Sementara itu, Kepala Desa Sukamaju Ai Ike Sari Banon mengungkapkan rasa haru dan gembira, kelompok tani di desa yang ia bina mampu menciptakan inovasi cerdas untuk kesejahteraan masyarakat.

“Dalam situasi kesederhanaan, saya bangga hari ini banyak tamu yang hadir di desa kami. Di Lampung Utara ada 200 desa lebih Alhamdulillah desa kita yang terletak dalam pelosok bisa dikunjungi para tamu istimewa,” ujar Ike.

Kemudian Adi Candra Sekertaris ICD Provinsi Lampung menginginkan bimbingan serta pendampingan dari instansi terkait baik dari pemerintah provinsi maupun kabupaten agar ICD dan para petani bisa mendapatkan pembinaan secara terus menerus.

” Saat ini, kelompok tani swadaya menggunakan modal sendiri. Harapan kami kelompok tani ini dan masyarakat petani sorgum tentunya perlu pendampingan. Karena teman-teman sangat berharap sekali untuk pendamping baik dari dinas terkait maupun dari pemerintah setempat, kami berharap Bapak Romli Ketua DPRD bisa menjadi pembina kami kedepannya,” ucap Adi Candra.

Selanjutnya Akbar mewakili Kepala Dinas BPSP Provinsi Lampung mengapresiasi kegiatan ICD, pihaknya melihat ICD provinsi Lampung ini makin hari makin eksis dalam rangka mencerdaskan petani di Provinsi Lampung.

Benih tanaman Sorgum yang disosialisasikan oleh ICD ini adalah tanaman potensial, selain biji buah, daun dan batang sorgum ini juga banyak manfaatnya selain itu tanaman sorgum ini mampu bertahan di lahan kering dan panas sesuai karakter tanah di Lampung Utara dan way kanan.

“Saya berharap kita bisa bersinergi, kami dari provinsi Lampung juga nanti akan kami teruskan pengembangan komoditi sorgum,” pungkasnya.

Sementara itu Romli selaku Ketua DPRD Kabupaten Lampung Utara mengatakan, Lampung Utara adalah salah satu kabupaten termiskin dari kabupaten lain. Miskinnya lampung utara ini dampak dari kebijakan pusat. karena hasil jual petani tidak stabil. Kalau harga pertanian stabil. Maka Kabupaten Lampung Utara bisa menjadi kabupaten kaya.

“Dengan inovasi seperti ini ICD dapat melakukan ekspansi Sehingga bisa mensejahterakan masyarakat kabupaten Lampung Utara. Saya berharap dalam kesempatan ini bapak-bapak dari pusat dan provinsi bisa membantu kami dalam sektor pertanian terutama pupuk dkarena di Lampung Utara ini pupuk langka,” ungkap Romli.

Romli juga menjelaskan, ketika petani nyaman petani ini maju maka ketahanan pangan nasional akan terjamin akan tetapi kalau pemerintah sekuat mungkin mengembangkan ketahanan pangan namun petani nya tidak nyaman tidak maju juga ketahanan pangan nasional.

“Untuk itu saya apresiasi program sorgum ini, potensi nya sangat luar biasa, sorgum bisa cepat panen. Tanam sekali dalam setahun bisa 4 kali panen,” pungkasnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bibit Sorgum secara simbolis dari Kepala BPSB bapak Akbar dari Provinsi Lampung ke Ketua Kelompok Tani Maju Jaya Tani Desa Suka Maju serta dilanjutkan dengan penaman bibit Sorgum secara simbolis oleh ketua DPRD lampura berserta rombongan.

(der)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *