Home / HSP TV / Edukasi Petani Sorgum, ICD Lampung Gelar Bimtek

Edukasi Petani Sorgum, ICD Lampung Gelar Bimtek

Lampung Utara (hspmedia.tv) – Guna mengedukasi masyarakat khususnya para petani Sorgum, Indonesia Cerdas Desa (ICD) Provinsi Lampung menggelar bimbingan teknis (bimtek) padat karya inovasi yang berlangsung di aula gedung pertanian, Kotabumi Lampung Utara. Selasa (8/6/2021).

Kegiatan itu dihadiri Ir.Mastur,M.Si.Ph.D. selaku kepala BB Biogen Kementerian Pertanian RI dan Prof.Dr.Dra.Endang Gati Lestari,M.Si., Bupati lampung utara yang diwakili kepala dinas pertanian,kepala dinas ketahanan pangan,ketua DPRD Romli kabupaten lampung utara serta para peserta bimtek.

Dalam sambutan nya ketua ICD lampung Adi Candra menyampaikan,Bimtek Tahap-ll Hari ini, pihaknya menerima kunjungan dari kementerian Pertanian RI Ir.Mastur,M.Si.Ph.D. Prof.Dr.Dra.Endang gati lestari, serta dari balai besar penelitian dan pengembangan pertanian Provinsi Lampung.

Dirinya juga menjelaskan sorgum adalah tanaman yang serba guna yang dapat dikelolah menjadi berbagai makanan dan keperluan sehari-hari,dari batang sampai buahnya.

“Tujuan utama digelar bimtek tersebut untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa agar lebih semangat menuju desa tangguh dan mandiri, bersama-sama kita membuat khusus nya lampung utara menjadi lebih baik dalam bidang pertanian,” kata Adi.

Selanjutnya Ketua DPRD kabupaten Lampung Utara Romli, mengucapkan selamat atas terlaksana nya Bimtek Tahap-ll padat karya inovasi balitangtan tahun 2021 di kabupaten Lampung Utara, dirinya mengingatkan dalam melaksanakan kegiatan apapun itu tetap kita patuhi protokol kesehatan untuk mencegah dan memutuskan rantai COVID-19 di lampung utara.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh peserta beserta jajaran, kami ikut bangga atas karya inovasi balitangtan di Kabupaten Lampung Utara, kita semua saling menjaga dan harus saling tolong menolong, tugas pemerintah hanya mendukung gerak masyarakat nya. Saya harap bimtek tahap-ll padat karya inovasi balitangtan tahun 2021 salah satu jalan menuju kemajuan daerah khusus nya Kabupaten Lampung Utara,” ucap Romli.

Sementara itu, Ir.Mastur,M.Si.Ph.D. selaku kepala BB Biogen Kementerian Pertanian RI menyampaikan, sorgum Bioguma adalah tanaman yang cukup baik meskipun ditanam di lahan atau tanah yang kurang subur dikarenakan sorgum tanaman yang cukup mudah ditanam tidak memerlukan lahan yang subur dan tidak memerlukan perawatan yang sulit.

“Dalam 1 Hektare tanah cukup dengan 5 kg bibit sorgum saja, dari 1 hektar tanah itu dapat menghasilkan/panen 50 sampai 80 ton sorgum. Untuk masa penanaman sampai panen sorgum memiliki 2 tahap ada yang 60 hari sampai 100 hari untuk panen, selain itu, sorgum pada umum nya adalah tanaman untuk pangan ternak sapi, tetapi jika mengetahui cara pengelolahan sorgum dapat dijadikan berbagai jenis olahan seperti makanan dan konsumsi lain nya,” pungkasnya. (Riki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *