Home / NASIONAL / Melawi / Pjs. Bupati Melawi Buka Pelatihan KPM

Pjs. Bupati Melawi Buka Pelatihan KPM

Melawi (HSP TV) – Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kecamatan Ella Hilir secara resmi dibuka oleh Pjs. Bupati Melawi, Linda Purnama, Kamis, 8/10/2020 pukul 09.00 di Aula Kantor Kecamatan Ella Hilir. Kegiatan tersebut di ikuti 19 KPM dari 19 desa se Kecamatan Ella Hilir.

Dalam sambutannya, Pjs. Bupati Melawi, Linda Purnama mengatakan KPM memiliki peran yang sangat strategis untuk melakukan pembangunan sumber daya manusia yang ada di desa. Kader Pembangunan Manusia (KPM) adalah warga masyarakat Desa yang dipilih melalui musyawarah Desa untuk bekerja membantu pemerintah Desa dalam memfasilitasi masyarakat Desa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pembangunan sumberdaya manusia di Desa.

“Dengan adanya KPM sebagai mitra pemerintah desa dalam upaya pembangunan SDM di desa, Maka perlu mengalokasi anggaran untuk kegiatan KPM dalam melakukan tupoksinya sesuai kemampuan keuangan desa. Tetap mengacu pada peraturan periotas penggunaan dana desa nomor 11 tahun 2019 tentang perioritas pengunaan dana desa yang telah di ubah menteri desa nomor 6 tahun 2020 dengan adanya pendemi Covid-19”. Paparnya.

Lebih lanjut Linda Purnama mengatakan, KPM juga memiliki peranan penting dalam membantu pemerintah desa sebagai penyedia pelayanan pengurangan stunting. KPM desa harus bersinergi dengan stakeholder yang ada di desanya. mengingat bahwa penanganan stunting di desa merupakan program nasional yang diamanahkan melalui Dana Desa. Secara nasional tercatat 7 ribu lebih bayi di Indonesia mengalami stunting.

“Pandemi Covid-19 belum selesai, kapan berakhirnya belum dapat di ketahui secara pasti, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Melawi agar tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama pemerintahan desa dalam kegiatannya harus menerapkan protokol kesehatan sesuai peraturan yang telah ditetapkan pemerintah pusat dan daerah. Desa bisa melakukan Konsultasi terkait KPM kepada Tenaga Pendamping Desa, Mulai dari PLD, PD dan Tenaga Ahli Kabupaten”. Imbaunya.

Ditempat yang sama Camat Ella Hilir, Saripudin, mengatakan anggaran yang telah ditetapkan melalui musyawarah agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dirinya juga berharap agar KPM yang sudah mengikuti pelatihan ini dapat memberikan pelayanan dasar terutama di bidang kesehatan (stunting).

“KPM diharapkan memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan terutama kesehatan anak dan balita. Bagi kepala yang sudah menganggarkan untuk KPM agar bisa direalisasikan untuk menunjang kegiatan KPM, bagi desa yang belum menganggarkan agar di alokasikan dalam APBDes TA 2021 atau APBDes perubahan TA 2020 disesuaikan dengan kemampuan keuangan desa”. Tutupnya

(Ade)

Check Also

Targetkan Menang, DPC PDI-P Melawi Gelar Rapat Kerja Cabang Khusus Jelang Pilkada 2020

KALBAR-MELAWI ( hspmedia.tv ) – Dewan Pengurus Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Melawi. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *