Home / HSP TV / Resmi Terpilih Sebagai Kades, Eet Roskayudi Bakal Transparan Pimpin Desa

Resmi Terpilih Sebagai Kades, Eet Roskayudi Bakal Transparan Pimpin Desa

MELAWI (hspmedia.tv) -Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Melawi telah usai 22 Desember 2020 lalu. Salah satunya Desa Baru, Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi baru mengumumkan hasil Pilkades Senin, (22/2/2021) pagi. Keterlambatan pengumuman dikarenakan adanya sengketa hasil Pilkades Desa Baru.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Desa Baru Safarudin
Menyampaikan laporan hasil pelaksanaan Pilkades serentak, ia meminta maaf baru dapat melakukan penetapan karena ada gugatan salah satu calon. Penyelesaian sengketa baru selesai di tingkat Kabupaten.

“Pada tanggal 1 Februari 2021 telah dilaksanakan rakor di aula Bupati di pimpin sekda dan asisten I sekda Kabupaten Melawi dan di hadiri forkopimda lainnya dan OPD teknis penyelenggara”. Paparnya.

Lebih lanjut dikatakan Safarudin bahwa hasil Rakor bersama Sekda, gugatan salah calon dinyatakan di tolak. Selanjutnya hasil Pilkades diserahkan kepada BPD Desa Baru untuk ditetapkan Cakades terpilih.

“Dalam pleno penghitungan suara semua saksi hadir dan tak ada keberatan dgn hasil perhitungan suara. Dan semua surat suara sudah diumumkan baik surat suara sah dan tidak sah, surat suara cadangan dan sisa surat suara cadangan”. Jelasnya.

Dikatakan Saparudin, daftar pemilih tetap Desa Baru sebanyak 2465, dengan jumlah 7 TPS. Surat suara cadangan sebanyak 61, sisa suara cadangan 6, surat suara tidak sah 34, total surat suara sah sebanyak 2033. Masing-masing Cakades mendapatkan suara antara lain , Eet Roskayudi AR memperoleh suara 823, Suarli memperoleh 779 suara, Rafel memperoleh 81 suara, Heri Julianto memperoleh 47 Suara dan Sabni memperoleh 303 suara. Total keseluruhan suara sah 2033 suara.

Usai diserahkan hasil Pilkades olek PPKD Desa Baru, Ketua BPD Desa Baru, Amri langsung membacakan berita acara penetapan dan pengesahan serta pengangkatan kades terpilih di hadapan peserta rapat.

“PPKD telah menyampaikan tahapan Pilkades mulai dari pendataan DPT sampai pada proses penghitungan suara serta menetapkan perolehan suara Cakades terpilih”. Ucapnya.

Selanjutnya dikatakan Amri, BPD akan menyampaikan usulan kepada Bupati Melalui Camat untuk mengesahkan dan melantik Cakades terpilih. sesuai mekanisme ketentuan perundangan yg berlaku. Ia juga mengucapkan terima ksih kepada seluruh masyarakat Desa Baru yang telah melaksanakan pesta demokrasi Pilkades sehingga berjalan aman dan kondusif.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Nanga Pinoh, Halma Trisno mengucapkan terima kasih, selamat dan sukses kepada seluruh penyelenggara dan masyarakat desa baru. Karena pilkades berjalan aman dan kondusif.

“Terpilihnya Kades Desa Baru untuk periode 2021-2027 adalah kemenangan masyarakat Desa Baru. harapan saya kades terpilih bisa merangkul semua elemen masyarakat di desa serta bersinergi dengan perangkat desa dan BPd untuk menuju Desa Baru yang lebih maju”. Harapnya.

Halma juga mengatakan tantangan ke depan desa harus bersinergi dengan program nasional yakni program Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.Dalam rangka program pembangunan nasional pusat dan daerah.

Ditempat yang sama, Cakades terpilih, Eet Roskayudi AR menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Baru yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk mengemban amanah sebagai Kepala Desa. Dirinya juga siap memimpin Desa Baru secara terbuka dan transparan untuk warga Desa Baru.

“Saya berharap agar kita bisa bersama-sama bersinergi untuk memajukan Desa Baru, baik peningkatan infrastruktur dan peningkatan Sumber Daya Manusianya. Saya tidak bisa sendiri dalam mengelola desa, perlu dukungan, sumbang saran dan pemikiran yang membangun dari semua lapisan warga Desa untuk menuju Desa Baru yang mandiri dan sejahtera agar bisa menjadi desa percontohan”. Tutupnya.

Ade

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *