Home / HSP TV / BRSDM KKP Gelar Pelatihan Virtual Budidaya Ikan Air Tawar

BRSDM KKP Gelar Pelatihan Virtual Budidaya Ikan Air Tawar

MELAWI,KALBAR (hspmedia.tv) – Masa pandemi covid-19 kegiatan ekonomi masyarakat mengalami perubahan pola kerja. Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah, sepertinya pilihan alternatif untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi. Berbagai pelatihan daring semakin sering dilakukan di tengah masyarakat.

Anggota DPR RI dari Komisi IV, Yessy Melania bekerjasama dengan Badan Riset Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan pelatihan budidaya ikan kepada masyarakat di Kabupaten Melawi secara virtual. Dimana KKP sendiri juga memiliki e-Jaring yaitu platform pembelajaran pelatihan digital yang merupakan hasil kolaborasi antara Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan dengan Pusat Data, Statistik dan Informasi KKP. Pelatihan di gelar di Aula Kurnia Waterpark Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Rabu (24/2/2021).

“Kegiatan Pelatihan Masyarakat Perikanan yang diselenggarakan ini sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kompetensi masyarakat perikanan dalam memajukan sektor perikanan di Kabupaten Melawi dan Indonesia secara umum. Kegiatan ini digelar dalam masa pandemi covid-19, tentu kita harus menjadi pelopor dengan tetap disiplin terapkan protokol kesehatan dengan pakai masker, jaga jarak, mencuci tangan, & menghindari kerumunan. Untuk itu pelatihan kali ini virtual”. Ungkap Yessy dalam sambutan virtualnya.

Lebih lanjut Yessy mengatakan kegiatan pelatihan ini di gelar selama 2 hari (tanggal 24-25 Februari 2021) diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa dimasa pandemi masyarakat masih bisa bekerja untuk pemenuhan kebutuhan ekonominya.

Disisi lain, Pemerintah tengah menggalangkan program vaksinasi covid-19 untuk membangun kekebalan
komunal, mari kita dukung langkah pemerintah dengan ikut berpartisipasi mensukseskan vaksinasi sesuai giliran
kita masing-masing. Kendati vaksin sudah mulai didistribusikan dan diberikan ke masyarakat, saya menghimbau bahwa kita tetap disiplin terapkan protokol kesehatan karena sejatinya pandemi belum berakhir.

“Saat ini, kita bersama sedang mengatasi penanganan Pandemi Covid-19, yang telah berdampak luas terhadap seluruh sendi kehidupan rakyat dan penyelenggaraan Negara. Pandemi tersebut memberikan ancaman yang sangat serius terhadap keselamatan rakyat, perekonomian negara dan rumah tangga, serta kesejahteraan rakyat. Menghadapi kondisi bencana non alam yang luar biasa ini, diperlukan kehadiran Negara untuk menyelamatkan rakyat dari ancaman krisis kesehatan, ancaman krisis ekonomi, dan ancaman krisis kesejahteraan”. Ucapnya.

Secara pribadi Yessy Melania secara khsusus, mengucapkan berterima kasih dan mengapresiasi Kementerian KKP dan jajaran atas terselenggaranya Kegiatan Pelatihan Masyarakat Perikanan di Kabupaten Melawi Tahun 2021. Kegiatan ini merupakan langkah awal yang baik di tengah pandemi covid-19, membekali masyarakat dengan kompetensi sekaligus memberdayakan masyarakat ditengah
pandemi.

Dirinya juga menyampaikan laporan bahwa program pelatihan ini, secara khusus ditujukan untuk pengelola lembaga pendidikan, dengan tujuan untuk mengedukasi generasi muda yang handal untuk mampu bersaing di bidang sektor perikanan nantinya. Adapun penerima program budidaya ikan sistem bioflok Tahun Anggaran 2020 di Kabupaten Melawi antara lain Yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB) Bakti Luhur, Yayasan Pondok Pesantren Bustanul Qur’an dan Yayasan SMK Sabjanoba. Semua berjalan dengan baik dan sudah dilakukan kegiatan panen raya.

Kegiatan ini juga guna mewujudkan Visi Presiden Bapak Joko Widodo, Indonesia sebagai poros Maritim Dunia, tentu diperlukan Kerja bersama, gotong royong kita semua, DPR RI, Kementerian dan Lembaga Negara, Pemerintah Provinsi hingga Pemerintah Kabupaten/Kota dan seluruh lapisan masyarakat, masing-masing mengambil satu usaha, satu langkah, dan satu pekerjaan untuk kepentingan bersama yaitu membangun Indonesia lewat cipta karya kita.

Hadir pada sebagai narasumber secara virtual pada kegiatan tersebut, kepala BRSDM diwakili oleh Kepala Pusat Pelatihan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Dr. Lilly Aprilya Pregiwati, S.Pi., Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Kabupaten Tegal, Moch. Muchlisin, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Melawi, Ir. John Welly Luther dan Kabid. Perikanan, Ade Solihin. Sedangkan para peserta pelatihan adalah beberapa kelompok budidaya ikan (Pokdakan) di Kabupaten Melawi.

(Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *