Home / HSP TV / Warung Prancis Darmajaya Gelar Sharing Session Pengalaman Studi di Prancis

Warung Prancis Darmajaya Gelar Sharing Session Pengalaman Studi di Prancis

BANDAR LAMPUNG (hspmedia.tv) – Warung Prancis (WP) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar webinar Pengalaman Studi di Negara Prancis bersama Kharisma Firdausya Husein melalui zoom meeting conference, Selasa, (23/2/2021).
Kharisma merupakan satu di antara ratusan mahasiswa Indonesia yang berkuliah di negara fashion tersebut. Menurutnya, kuliah di Prancis harus mampu menguasai bahasanya.

“Bahasa pengajaran yang digunakan bahasa Prancis. Ada bahasa Inggris juga tetapi bahasa utamanya bahasa Prancis,” ungkapnya.
Mahasiswi yang kuliah di Sorbonne University ini bercerita kalau studi di Prancis harus pintar dan aktif berorganisasi. “Di Prancis itu sangat sulit kalau nilai kita jelek karena di Prancis itu harus bagus nilainya bila ingin diterima,” kata dia.
Disana juga mahasiswa aslinya banyak ditolak karena nilainya. “Bukan saja nilai tetapi juga organisasi. Saya juga ikut C1 (kursus bahasa Prancis) selama dua bulan dan survive dan alhamdulillah saya juga pemenang speech bahasa Prancis nasional yang diadakan Kedutaan Prancis Maret 2019,” tuturnya.

Kharisma juga menceritakan bahwa terdapat tradisi di Sorbonne University yang dapat memilih mata pelajaran sendiri. “Mahasiswa juga sudah diberikan informasi sejak awal untuk ujian akan dilaksanakannya. Tidak semua mata pelajaran atau kuliah diujikan,” bebernya.
Ia menekankan agar yang memiliki keinginan kuliah di Prancis nilai harus bagus. “Organisasi juga bagus dan curiculum vitae juga harus banyak aktivitas keorganisasian. Sertifikat itu penting dan menjadi volunteer juga salah satu keaktifan kita meskipun tidak dibayar mereka sangat menghargai,” urainya.

Kharisma berpesan kepada peserta webinar agar dapat menyeimbangkan antara mencapai nilai yang baik dengan berorganisasi dan mendapatkan pengalaman. “Jangan jadi kupu-kupu (kuliah pulang – kuliah pulang), karena ketiga-tiganya harus jalan dan balance. Kalau bisa belajar bahasa akan membuka jendela dunia ketika kita tahu kulturnya maka tidak akan adanya kesalahpahaman dalam berkomunikasi,” terangnya.

Sementara, Kepala UPT Kerjasama dan Internasional Office IIB Darmajaya, Muhammad Dwiyan Aditya, S.Pd., M.Pd., mengatakan sharing session ini merupakan agenda rutin dari Warung Prancis IIB Darmajaya. “Karena dengan sharing session juga memberikan dorongan kepada masyarakat dan khususnya mahasiswa/i IIB Darmajaya dapat melanjutkan kuliah di Prancis,” ungkapnya. Lebih lanjut, Sherli Trisnawati, S.Kom, Penanggungjawab Warung Prancis IIB Darmajaya, mengungkapkan bahwa Warung Prancis (WP) juga tidak hanya menggelar sharing session studi di negara yang beribukota di Paris tersebut. “Selama ini juga WP IIB Darmajaya terdapat berbagai macam kegiatan seperti les bahasa Prancis, bermain game, dan menonton film bahasa Prancis,” tutupnya.

(rls/ec)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *